Sunday, November 30, 2014

(Most of silly) Facts about Me




Dapet tantangan dari sohib ngegokil di kantor, si Sylvia twenty (silly yet true) facts about me di Ig. Naah, Karena saia males bingit yah capek-capek ngetik di hape, akhirnya posting di sini aja lah, itung-itung sambil nyatroni ni blog yang sudah lama tak terjamah.. eeaa *plak. Okkeh!! Pik Slipikk!! Tak terima tantanganmuh! Bringiton! Cekiprut!!

Monday, November 10, 2014

PAGI KINI



Pagi kini,

Membuka kembali mata jiwa

Mengedip malu-malu, menyapa

Kembalikan asa pada langkah-langkah hampa



Pagi kini,

Batu berbisik merdu

Pada siput yang merangkak di semisal sendu

Pada ulat yang menggeliat giat di balik perdu

Pada si dungu yang menunggu

Ah, manisnya…


Monday, August 4, 2014

Lajang Bukan Jalang (Bukan Puisi)






Tak peduli sebesar apapun pencapaian dalam hidup, karir, emosi, setinggi apapun keinginan mewujudkan mimpi, menjadi seorang lajang akan terus jadi sasaran malu keluarga.

Menjadi seorang lajang adalah sebuah kesalahan memalukan hingga semua anggota berlomba mencarikan pasangan si penyelamat rasa malu dan kehormatan keluarga.

Monday, May 5, 2014

BELUM SAMPAI CINTA (bisa surat terbuka, bisa juga tidak)

http://lindsaybmoore.files.wordpress.com/2010/08/fantasy_books.jpg










Belum sampai cinta. Karena telah lama aku tak bersua dengannya. Aku di sini, ia di sana. Mengejar mimpinya. Romansa SMA? Sepertinya tidak. Karena saat dulu pun, yang kami lakukan tak lebih dari tegur sapa.



Belum sampai cinta. Tapi aku menghormatinya. Bukan hanya karena usia yang lebih dewasa, tapi hampir segala lakunya yang bijaksana. 

Monday, April 14, 2014

Aditya Madya Prakarsa. Sebuah goresan tentangnya

Aku merindukan saat itu. saat bersamanya. Seorang saudara yang kini berada di surga, semoga. Aditya Madya Prakarsa, namanya. Penopang, sahabat, kakak tercinta.

Bertemu dengannya saat SMA. Merajut kisah dengannya hingga hembus nafas terakhirnya. Tak terhitung peristiwa menyenangkan, menegangkan, mengharukan, kebodohan, dan kekonyolan yang sudah sadar/ tak sadar telah dilalui bersamanya.

Betapa aku merindukan saat kami menjadi bocah autis bersama, manulis berlembar-lembar puisi berantai ditemani sebungkus besar Lays dan kokakola di depan kos Kertajaya. dari pagi hingga petang. mengenang, menertawakan kekonyolan-kekonyolan kami semasa SMA, mencegat setiap penjual makanan yang lewat depan kos-kosan.

Wednesday, March 19, 2014

Toheart DEPARTURE (출발) Lyrics Romanization, Translation (MP3 Download)

 




Click  HERE to Download the Song



[HANGEUL]

하루하루 내가 무얼 하나 곰곰이 생각해보니
거진 엇비슷한 의식주로 나는 만족하더군


은근히 자라난 나의 손톱을 보니 뭔가 달라져가고
여위어가는 너의 모습을 보니 너도 뭔가 으음


꿈을 꾸고 사랑하고 즐거웠던 많은 날들이
항상 아득하게 기억에 남아 멍한 웃음을 짓게 하네








그래 멀리 떠나자 외로움을 지워보자
그래 멀리 떠나자 그리움을 만나보자


꿈을 꾸고 사랑하고 즐거웠던 많은 날들이
항상 아득하게 기억에 남아 멍한 웃음을 짓게 하네




 

 그래 멀리 떠나자 외로움을 지워보자
그래 멀리 떠나자 그리움을 만나보자


그래 멀리 떠나자 외로움을 지워보자
그래 멀리 떠나자 그리움을 만나보자
 

 

[ROMANIZATION]

haruharu naega mueol hana gomgomi saenggakhaeboni
geojin eotbiseutan uisikjuro naneun manjokhadeogun


eungeunhi jaranan naui sontobeul boni nan mwonga dallajyeogago
yeowieoganeun neoui moseubeul boni neodo mwonga eueum

kkumeul kkugo saranghago jeulgeowotdeon su manheun naldeuri
hangsang adeukhage gieoge nama meonghan useumeul jitge hane


geurae meolli tteonaja oeroumeul jiwoboja
geurae meolli tteonaja geuriumeul mannaboja


kkumeul kkugo saranghago jeulgeowotdeon su manheun naldeuri
hangsang adeukhage gieoge nama meonghan useumeul jitge hane


geurae meolli tteonaja oeroumeul jiwoboja
geurae meolli tteonaja geuriumeul mannaboja


geurae meolli tteonaja oeroumeul jiwoboja
geurae meolli tteonaja geuriumeul mannaboja
 
 
 
 




[TRANSLATION]


After thinking about what I do day by day
I realized I was satisfied the same things


Looking at my growing fingernails, I see that I’m changing
Seeing you get thinner, something about you too…



The many days we used to dream, love and have fun
They remain in my memories, making me blankly smile


Let’s go far away, let’s erase the loneliness
Let’s go far away, let’s meet the longing feelings


The many days we used to dream, love and have fun
They remain in my memories, making me blankly smile


Let’s go far away, let’s erase the loneliness
Let’s go far away, let’s meet the longing feelings


Let’s go far away, let’s erase the loneliness
Let’s go far away, let’s meet the longing feelings

Monday, March 10, 2014

Random Babbling

Postingan ini murni curhatan gapenting *tapi bikin nyesek* saia. Jangan baca kalo atimu lagi seneng, takutnya ntar badmoodnya nular #eeh
Terus lah ngapa diposting?? Ya biar aja, ini blog jg punya saia, mo saia nyoret apalah kan serah saia yg penting gada yg rugi *eaak nyolot* Daripada saia ngajak gelut anak orang, mending ngajak gelut kibord aja :3



Hari ini beneran jelek banget moodnya. Pas di MONsterDAY pula.

Hari ini harusnya libur dan harusnya santai di rumah, malah masuk ngadepin wali murid yg bermasalah yg kudu diadepin dengan (berusaha) sabar, dan sekarang terdampar di labkom yang ademnya sundul langit -__-" Gegara apa coba *hwak*

Sebenernya mood kudu makan orang ini udah dari kemaren hari sabtu, muncaknya hari ini dah. ceritanya kan hari minggu pagi kemaren mas Fir acara lamaran. Nah karena rumahnya di Gresik, gak mungkin aku berangkat dari rumah langsung hari minggunya. Nah akhirnya aku sama ibund minta dijemput si mbak Feb abis pulang kantor. Kata budhe sih paling ntar jemputnya jam setengah 4an. so ibund bertitah pokoknya jam 3 kudu sdh siap biar g pake acara mumet nggelibet nyari ini itu.

Pas hari sabtu si mbak sms, katanya dia jemput anaknya dulu, jadi agak telat nyampe mojokerto, paling jam 4 an. oke masih berterima. Aku sama ibund masi oke2 aja. jam 3 Tettt!!! kita udah siap dengan segala tetek bengek buat nginep sama lamaran. mulai kue hantaran, baju ganti sampe tempe pesenan budhe udah dikeluarin di meja depan. ibund ngajak nunggunya di depan rumah sambil ngobrol sama tetangga sebelah rumah. ditunggu sampe jam 5 ternyata sms masuk k hape "Say maaf yah masih macet. tapi ini udah sampe krian kok. bantar lagi nyampe". Oh, ternyata macet toh yg bikin lama.. ya udah kita terusin nunggunya.

Eh, sampe jam 6 yang ditunggu g muncul2 juga. Ibund udah mule ngomel2, kalo tau gini tadi mending berangkat sendiri jam sgini pasti udah nyampe. Akhirnya aku sms lagi n jawabannya "Udah deket. 10 menit lagi" dan dia datengnya 45menit kemudian -____-"

Sebenernya aku sama ibund gamasalah sih kalo dia datengnya telat, tapinya tapiiiiii jangan bilang bentar lagi bentar lagi lah... bilang aja kalo masi jauh, ato masih lama gitu. Kan kita isa di dalem nunggunya. Tau sendiri kan, nunggu itu pekerjaan capek loh. biarpun ga ngapa2in tetep aja bikin gondok -_-" Tapi gapapa lah.. Waktu liat anaknya yg masi baby kedongkolan saia diempet.. liat bocah lucu gituuu mana bisa marah ;3


Terus hari minggunya. saia yang gapernah tau daerah yang namanya Babat asik2 aja waktu berangkat. Kirain rumahnya deket. lhadalah 3 jam dewe perjalanan berangkatnya. padahal itu dah mayan ngebut.. Akhirnya berangkat jam 8 pagi muka masih seger, sampe rumahnya pacarnya si mas jam 11 muka udah kucel ditekuk perut laper gegara ga sempet sarapan. pake acara muter2 pula.. Gahh....

Seolah siksaan lair belom cukup aja. abis dari acara lamaran siksaan batin dimulai. apalagi kalo bukan ampir semua keluarga nanyain kapan giliran saia nyusul?? HELL O! udah ah males jawabnya, males bahasnya! Jodo di tangan Tuhan. kalo pengen tau saia nikahnya kapan jangan tanya saia. tanya aja sama TUHAN!

Working life juga gitu.. Mungkin akhir2 ini emang roda idup saia lagi di bawah kali ya.. Adaaaa aja suara2 yang bikin kuping gatel... yang ini lah yang itu lah... Masa saia kudu balik lagi jadi pribadi pas jaman2 kuliah dulu, cuek bebek tingkat dewa sampek matek? Ehemm.. sebenernya sih sekarang juga masi teteup cuek yah, tapi ga separah jaman kuliah dulu lah.. Kan sekarang udah ada tuntutan profesi yg mengharuskan peduli dengan keadaan, terlebih keadaan siswa (ehem)... Tapi kok ya gitu, gini salah gitu ga bener gono diomongin. kan jadi jengah sendiri. udah akhirnya diem aja lah, toh cerita sama orang juga belum tentu yg diceritain isa dipercaya  -_-"

Mo curhat juga agak segan. Sobat2 kan lagi sibuk semua, masa mo cerita masalah yg trivial macem gini. Bukannya apa. saia emang tipe orang yang kalo bukan masalah yang serius gitu ga bakal curhat ke sobat. Kesian mereka kan juga sibuk masa di waktu istirahat mereka mo tak recokin sama cerita sampah gapenting macem gini -_-' Apalagi sekarang si miss Mahar lagi ribet2nya ngurus persiapan weddingnya.. hurrayyy!! Akhirnya trio gokil ada yg mo melepas masa lajang *sebar konfeti bakar petasan* Jadiiiii ya gituuuu... 'solusi' pembuangan akhirnya yah di sini hehehe maapkan yah... Apdet status d fb twit line bbm juga dah g aman, banyak mata2 yang punya mulut jail sih.. kkkk

Ahhhh.. LEGA..... isa buang 'sampah' di sini... Semoga besok si roda mulai naik yah, biar g kena sial mulu. Semoga working life-nya juga makin sehat, Aamin.. Ciao~

Kelas Mendongeng Bahasa Indonesia (7A,B,C) MTs Negeri Bangsal 2013

Ini foto beberapa penampilan dari siswa kelas 7 di kelas mendongeng beberapa bulan yang lalu.  Ada yang semangat sekali menceritakan dongengnya, ada juga yang super gugup karena memang belum pernah maju di depan kelas sebelumnya, ada yang tengah-tengah penampilan tiba-tiba lari ke toilet *kebelet pipis katanya* hehehe.. 
Emang ada-ada aja polah tingkah anak krucil-krucil ini. tapi yang jelas, bangga sekali dengan semangat dan keberanian mereka maju dan tampil di depan kelas. Proud you :)




Putra dan Faruq 7B


Rebutan ngomong XD

Alifia Zuhrufa 7A, yang berani maju pertama sukarela :)

Aisya & Arta 7A. Lomba lari


Alifia Maghfironi 7A.. sampe mecucuuuu hahaha




Tikusnya lebih gede dari kancilnya XD



Sasky 7A. Dongengnya berjudul Malin Kundang





Resa 7A. Lihat ekspresinya *EPIC*






Fatkur Rahman, Juaranya dongeng 7B


Mufarikha 7A. Berani tampil sendiri *angkat jempol*

Maraden & Diki 7C. yang satu suaranya lantang, satunya super grogi :D

Ciluk, baaa..hahaha Mey 7C



Aziz 7A. with his shaky voice, akhirnya selesai juga maju mendongeng

Arum & Berlian 7C

Friday, February 14, 2014

JANGAN BACA, GILA!

http://2.bp.blogspot.com/_RnSsDRKtRG0/TTtQCH2g3kI/AAAAAAAAChw/ItibXGqdxJc/s400/Gone%2Bcrazy%2Bsign.jpg




Jangan pandang mataku,
                        Karna aku gila!
Jangan dengar bisikku,
                        Karna aku gila!
Jangan ikuti langkahku,
                        Karna aku gila!
Jangan tertawa,
                        Karna aku gila!
Lalu,
Kenapa kau masih membaca tulisanku??
KARNA KAU JUGA GILA!!


*) hanya ORANG GILA yang bisa baca

                                                                                 



                                                                                                    Surabaya, 11 Okto 2004



nemu puisi ini di diktat kuliah.. wheww ternyata saia dulu juga pernah "gila" kek gini yah kkkkk

Thursday, February 13, 2014

S.M. The Ballad – Breath (숨소리) [Jonghyun & Taeyeon] Lyrics, Romanization, and Translation (MV + MP3 Download link)

http://kromanized.com/wp-content/uploads/2014/02/S.M.-The-Ballad.jpg


Download MP3 Here


HANGEUL


나도 모르게 전화기를
들고 말았어 나야
참 오랜만이야
너무 힘이 들어서 잡기도
미안해서 너를 보낸 게
후회돼서 한숨만
쉬는걸

너무 놀라서 말이 나오지도
않았어 떨리는 가슴만
붙잡았어

많이 힘든지 지금 어디 있는지
묻기도 전에 눈물이 흘렀어
네 숨소리만 들려도 그래

눈물이 이렇게 흘러내리면
아끼던 내 작은 추억들
마저도 어쩔 줄 몰라
너무 아파서 서로
놓아주길 약속했지만
자신 없을 때, 가끔
숨소리라도 들려주길

숨을 쉬는 게 매일 눈을
뜨는 게 겨우 하루를 사는 게
죽는 것 보다 힘이 든다고
네게 말을 못했어
걱정할 것 같아서
바보처럼 한숨만
쉬는 걸

눈물이 이렇게 흘러내리면
아끼던 내 작은 추억들
마저도 어쩔 줄 몰라
너무 아파서 서로
놓아주길 약속했지만
자신 없을 때, 가끔
숨소리라도 들려주길

하고픈 말이 많아도
난 아무 말도 못 하고
다 괜찮다고 서로를
달래고 아파했어
다 되돌리면 우린 행복하기
만 했어 놓지 못하고 있어

눈물이 이렇게 흘러내리면
아끼던 내 작은 추억들
마저도 어쩔 줄 몰라
너무 아파서 서로
놓아주길 약속했지만
자꾸 네가 생각 날 땐…
참을 수 없이 힘들 땐…

이렇게라도 가끔
숨소리라도 들려주길


ROMANIZATION


nado moreuge jeonhwagireul deulgo marasseo naya cham oraen maniya neomu himi deureoseo jabgido mianhaeseo neoreul bonaen ge huhoe dwaeseo hansum man shwineun geol

neomu nollaseo mari naojido anhasseo tteollineun gaseumman but jabasseo manhi himdeunji jigeum eodi itneunji mudgido jeone nunmuri heulleosseo ne sumsori man deullyeodo geurae

nunmuri ireohge heulleo naerimyeon akkideon nae jageun chueogdeul majeodo eojjeol jul molla neomu apaseo seoro noha jugil yagsog haetjiman jashin eobseul ttae, gakkeum sumsorirado deullyeo jugil

sumeul shwineun ge maeil nuneul tteuneun ge gyeou harureul saneun ge jugneun geotboda himi deundago nege mareul mot haesseo geogjeonghal geot gataseo babo cheoreom hansum man shwineun geol

nunmuri ireohge heulleo naerimyeon akkideon nae jageun chueogdeul majeodo eojjeol jul molla neomu apaseo seoro noha jugil yagsog haetjiman jashin eobseul ttae, gakkeum sumsorirado deullyeo jugil

hagopeun mari manhado nan amu maldo mothago da gwaenchanhdago seororeul dallaego apa haesseo da doe dollimyeon urin haengbog hagi man haesseo nohji mothago isseo

nunmuri ireohge heulleo naerimyeon akkideon nae jageun chueogdeul majeodo eojjeol jul molla neomu apaseo seoro noha jugil yagsog haetjiman jakku nega saenggag nal ttaen chameul su eobshi himdeul ttaen

ireohgerado gakkeum sumsorirado deullyeo jugil



TRANSLATION

Without even knowing, I was holding the phone
It’s me, it’s been a long time
Because it was so hard, because I felt bad if I held you back
Because I regret letting you go, I just let out a sigh


Because I was so surprised, I couldn’t speak
I was holding on to my trembling heart
Are you struggling a lot? Where are you?
Before I could even ask, tears fell down
Just by hearing the sound of your breath


When tears fall, even my smallest cherished memories don’t know what to do
Because it hurt so much, we promised to let each other go
But whenever I’m not sure I can do it, please let me hear at least your breath


Breathing, opening my eyes every day, barely getting through each day
I couldn’t tell you that those things were harder than dying
In case you would get worried so like a fool, I just let out a sigh


When tears fall, even my smallest cherished memories don’t know what to do
Because it hurt so much, we promised to let each other go
But whenever I’m not sure I can do it, please let me hear at least your breath


There was so much I wanted to say but I couldn’t say anything
We said that we were okay, comforting each other in pain
When I look back, we were only happy, we haven’t let each other go


When tears fall, even my smallest cherished memories don’t know what to do
Because it hurt so much, we promised to let each other go
When I keep thinking about you
When it’s so hard that I can’t take it


Please let me hear at least your breath


MV




Cre: Naver, pop!gasa, Kromanization

Thursday, February 6, 2014

ZIA HAVE YOU EVER CRIED (울어본 적 있나요) LYRIC, ROMANIZATION AND TRANSLATION (MV MP3 DOWNLOAD)

http://4.bp.blogspot.com/-1vE7mftUHfA/UtTW3O0SXYI/AAAAAAAAz0M/pqoySsiEaTs/s400/2.jpg




download this song  HERE

 LYRICS

한동안 연락 없던 친구와 밥을 먹고 
오랜만에 편한 시간 가져봤나요
아무런 구속 없이 차도 한잔 마시고 
그가 없는 하루도 별일 없이 지냈나요

매일 아침 깨어났을 때
항상 있던 문자가 더는 없어서
갑자기 눈물이 흘러 

울어본 적 있나요 이 거리에 서서
숨겨온 눈물을 도저히 참을 수 없어
한참이나 울었죠 밤이 된 줄 도 모르고
계속 울다가 지쳐 잠들 때면
다 잊은 거라고 이제는 잊을 거라며
그렇게 난 울어본 적이 있어요

무심코 둘러보니 그가 준 선물들이 
여기저기 방안 가득한걸 봤을 때
매일 데려다 주던 집에 돌아오는 길 
혼자 걸어올 때면 기분이 참 그렇네요

다들 겪는 흔한 일이죠 
지나가면 별거 아닌 것 같은데 
갑자기 눈물이 흘러 


습관처럼 눈물이 하염없이 좋은 추억이 
끝도 없이 흘러 내려요

숨겨온 눈물이 울컥 쏟아져 내리면
참을 수가 없어서 베개에 얼굴을 묻고
소리 내서 한참을 울고 나면

다 잊혀진다고 문득 괜찮아진다고
그렇게 난 울어본 적이 있어요 
사실 난 매일 그렇게 살아요

ROMANIZATION

Handongan yeollak eopdeon chinguwa babeul meokgo
Oraenmane pyeonhan sigan gajyeobwannayo
Amureon gusok eobsi chado hanjan masigo
Geuga eomneun harudo byeoril eobsi jinaennayo

Maeil achim kkaeeonasseul ttae
Hangsang itdeon munjaga deoneun eobseoseo
Gapjagi nunmuri heulleo

Ureobon jeok innayo i georie seoseo
Sumgyeoon nunmureul dojeohi chameul su eobseo
Hanchamina ureotjyo bami doen jul do moreugo
Gyesok uldaga jichyeo jamdeul ttaemyeon
Da ijeun georago ijeneun ijeul georamyeo
Geureoke nan ureobon jeogi isseoyo

Musimko dulleoboni geuga jun seonmuldeuri
Yeogijeogi bangan gadeukhangeol bwasseul ttae
Maeil deryeoda judeon jibe doraoneun gil
Honja georeool ttaemyeon gibuni cham geureonneyo

Dadeul gyeokkneun heunhan irijyo
Jinagamyeon byeolgeo anin geot gateunde
Gapjagi nunmuri heulleo

Ureobon jeok innayo i georie seoseo
Sumgyeoon nunmureul dojeohi chameul su eobseo
Hanchamina ureotjyo bami doen jul do moreugo
Gyesok uldaga jichyeo jamdeul ttaemyeon
Da ijeun georago ijeneun ijeul georamyeo

Geureoke nan ureobon jeogi isseoyo
Seupgwancheoreom nunmuri hayeomeobsi joheun chueogi
Kkeutdo eobsi heulleo naeryeoyo
Sumgyeoon nunmuri ulkeok ssodajyeo naerimyeon
Chameul suga eobseoseo begaee eolgureul mutgo
Sori naeseo hanchameul ulgo namyeon

Da ichyeojindago mundeuk gwaenchanhajindago
Geureoke nan ureobon jeogi isseoyo
Sasil nan maeil geureoke sarayo

TRANSLATION

Have you grabbed a meal with a friend who you haven’t seen in a while?
Have you had peaceful time for the first time in a while?
Without any restrictions, have you had a cup of tea?
Have you spent a normal day without him?

Every morning when I woke up
The texts I always got weren’t there
So tears suddenly fell

Have you ever cried on this street?
I can’t hold in my hidden tears any longer
I cried for a while, not even knowing night came?
After crying, when I got tired and fell asleep
I told myself I forgot him, that I will forget him now
I have cried like that before

When I look around me, the presents you gave me
Fill up the spaces here and there in my room
The way back home that you used to take me
When I walk on it alone, it feels strange

It’s a common thing and everyone goes through
When it passes, it won’t be a big deal
But tears suddenly fall

Have you ever cried on this street?
I can’t hold in my hidden tears any longer
I cried for a while, not even knowing night came?
After crying, when I got tired and fell asleep
I told myself I forgot him, that I will forget him now
I have cried like that before

Like a habit, tears endlessly fall
Good memories endlessly fall as well

When my hidden tears spill down
I can’t hold it anymore so I bury my face in the pillow
After I scream and cry for a while

I tell myself I’ll forget everything, that I’ll be okay
I have cried like that before
Actually, I live like this every day


MV




Cre:
Translation Credits: pop!gasa
Romanizations by: kpoplyrics.net

Saturday, January 25, 2014

Soal Ulangan Bahasa Indonesia kelas 7 Semester Genap



Pilihlah jawaban yang paling benar!

1.      Ketika matahari mulai tenggelam Kau pulang dengan tangan hampa Tertatih-tatih langkah kakimu Penuh debu dan keringat Latar puisi diatas adalah... .
a.      Pagi                                                      c. Siang
b.      Sore                                                      d. Malam
2.      Membaca dengan tujuan memperoleh informasi cepat adalah membaca... .
a.      Cepat                                                c. Memindai
b.      Lambat                                                d. Cerpen
3.      Semua orang menyaksikan pertunjukan itu dengan tenang sehingga suara aktor itu terdengar jelas. Makna dari kata aktor adalah.... .
a.      Pemeran pengganti
b.      Seorang laki-laki yang berperan dalam drama
c.       Seorang perempuan yang berperan dalam drama
d.      Setiap orang yang bermain drama
4.      Kalimat yang menunjukan perasaan sesal adalah... .
a.      syukurlah kamu selamat dari bahaya tadi
b.      aku merasa bersalah atas kejadian tadi
c.       maaf, aku datang terlambat
d.      ternyata, kesehatanmu sudah membaik, Ed
5.       .......... menyambut hari ulang tahun sekolah ,OSIS akan mengadakan lomba membaca dongeng. Teman-teman yang ingin ikut dalam perlombaan ini diminta segera mendaftarkan diri ke panitia. Pendaftaran tidak dipungut biaya. Sekian terima kasih.
Pernyataan yang sesuai untuk melengkapi pengumuman di atas ialah…
a.       Dengan ini kami bacakan
b.      Dengan ini kami beritakan
c.       Bersama ini kami informasikan
d.      Dalam rangka
6.       Orang yang dapat dengan mudah tertulari penyakit virus HIV adalah remaja muda yang meninggalkan  rumah pada usia 12-17 tahun, akibat kecanduan narkotika.
Penggunaan kata yang menyebabkan kalimat tersebut tidak efektif adalah… .
a.       dapat, dengan , penyakit, remaja
b.      dapat, penyakit, virus, muda
c.       dapat, dengan, penyakit , muda
d.      dapat, penyakit, virus, remaja

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

1.       Buatlah sebuah pengumuman untuk sekolahmu tentang lomba teatrikal puisi dalam rangka Hari Pendidikan Nasional!
2.       Mengapa judul berbeda dengan tema? Berikan alasanmu beserta contohnya!
3.       Buatlah 5 pertanyaan yang sesuai untuk mewawancarai seorang dokter gigi!
4.       Perhatikan puisi di bawah ini!
Kepada Tanah Air
Karena tanah Mu lah yang menumbuhkan  pohon-pohon
Yang buahnya kami petik dan kami makan
Di dahan  mana yang burung burung berayun
Di hutan mana kijang dan rusa kekayaan alam
Tanah Mu lah  juga yang memancarkan air
Yang kami reguk ketika kehausan
a.       Citraan apa saja yang terdapat dalam puisi tersebut?
b.      Apa amanat puisi tersebut?
c.       Ceritakan kembali puisi di atas dengan bahasamu sendiri!
5.       Tulislah masing-masing 5 kata yang mengalami prefiks, sufiks, dan konfiks! Kemudian masukkan dalam kalimat!
(Contoh:
Prefiks => me+makan= memakan.
Aku dan adik memakan buah yang dibelikan ibu kemarin.)


--=*** SELAMAT MENGERJAKAN ***=--